Rabu, 04 November 2015

ANALISIS USAHA PERNIK LANGIT BAGEA (PLB)


Assalamualaikum ^_^
Selamat siang menjelang sore sahabat jemari..
Alhamdulillah, selesai juga niiih tugas analisis usaha. Sekedar berbagi ilmu aja ya, meskipun masih banyak kekurangan. Semoga bermanfaat ^_*


ANALISIS USAHA
PERNIK LANGIT BAGEA (PLB)


Diajukan untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan





Oleh:
Anis Siti Solihat
NIM 41033403131014












FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS ISLAM NUSANTARA
BANDUNG
2015




ANALISIS USAHA
PERNIK LANGIT BAGEA (PLB)

A.                DESKRIPSI USAHA

I.                   Latar Belakang
Kesenian adalah karya yang belakangan ini menjadi salah satu kebutuhan sekunder di kalangan masyarakat, namun masih sangat jarang dan sulit ditemui produk yang berbau kesenian. Adapun produk kesenian ini biasanya ada hanya sebatas dipameran-pameran, dan itu pun masih terbilang langka dan harganya relatif tinggi. Padahal selain untuk mengembangkan dan memperbaiki perekonomian, produk berbau kesenian ini merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan dan memacu kreatifitas-kreatifitas masyarakat kepada masyarakat lainnya baik itu dalam negeri maupun luar negeri dengan meninjau beberapa bulan lagi akan diadakannya perdagangan bebas seasean. Selain mengarahkan hobi, karena itulah pendiri mendirikan usaha dibidang kesenian ini. Karena pendiri sadar berdirinya Indonesia yang sejahtera, merupakan akumulasi dari usaha-usaha setiap masyarakatnya. Kemajuan masyarakatnya merupakan kemajuan bangsanya.

II.                Visi
Didirikannya usaha ini bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang seoptimal mungkin, mengembangkan hobi, memperbaiki perekonomian Indonesia serta memperkenalkan dan memacu kreatifitas masyarakat Indonesia kepada dunia juga menanamkan nilai seni dan keindahan.

III.             Misi
Untuk mencapai tujuan, perusahaan menyediakan berbagai kerajinan yang mengandung nilai seni dan keindahan yang semakin hari semakin kreatif dan inovatif, sehingga masyarakat mengkonsumsi produk ini.

IV.             Sasaran
Adapun yang menjadi sasaran utama demi mencapai visi perusahaan adalah masyarakat umum dari berbagai kalangan seperti anak-anak, remaja, dan wanita dewasa. Dimana merekalah mayoritas yang berminat dengan produk yang mengandung unsur seni dan keindahan.

V.                Strategi
Untuk mencapai visi perusahaan, perlu dilakukan strategi dalam menjalankan misi. Adapun strategi yang perlu dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut:
Ø Bekerja dengan ulet;
Ø Bekerja secara profesional;
Ø Terus menciptakan trobosan baru dengan kreatifitas dan inovasi yang semakin luar biasa;
Ø Membuka usaha ditempat yang strategis;
Ø Berproduksi yang berkualitas tetapi harga terjangkau;
Ø Memberi potongan harga;
Ø Melayani pelanggan dengan baik dan benar.

VI.             Prosedur
Jumlah modal awal Rp. 1.050.000,- yang digunakan untuk alat dan bahan sbb. :
·         Kain 50 meter @20.000                                 Rp.1.000.000,-
·         Tembakan Lem                                              Rp.   100.000,-
·         Benang                                                           Rp.     50.000,-
·         Jarum, Penitik & Gantungan                          Rp.   150.000,-
·         Lem lilin                                                         Rp.     50.000,-
·         Triplek                                                            Rp.   500.000,-
·         Lem cair                                                         Rp.   100.000,-
·         Manik-manik                                                  Rp.   100.000,-
·         Plastik & Kertas                                             Rp.     50.000,-
Rp.2.100.000,-
       Produk tersebut dijual dari mulai harga Rp. 2000,-/unit hingga Rp. 50.000/unit. Perusahaan memiliki target mencapai omset minimal 150% dari modal awal.
VII.          Identitas Perusahaan
Nama perusahaan             : Pernik Langit Bagea (PLB)
Jenis Usaha                      : Aksesoris
Lokasi                              : Jl. Mekarmanah 02/04 Desa Mekarlaksana Kec.
                                           Ciparay Kab. Bandung







B.                 ANALISIS USAHA SWOT

I.                   Strength (Kekuatan bisnis/konsep bisnis)
Adapun hal-hal yang menjadi kekuatan pada usaha ini adalah sbb. :
v Usaha dibidang ini masih jarang;
v Mengandung unsur seni dan keindahan;
v Usaha ini dibuat 100% karya tangan;
v Harga produk terjangkau;
v Menerima pesanan sesuai konsep keinginan konsumen; dan
v Delivery order.

II.                Weaknesses (Kelemahan)
Adapun hal-hal yang menjadi kekurangan atau hambatan pada usaha ini adalah sbb. :
v Pembuatan produk memakan waktu cukup lama;
v Organisasi usaha belum terstruktur; dan
v Tempat usaha masih kurang strategis.

III.             Opportunities (Peluang)
Adapun hal-hal yang menjadi peluang untuk mengembangkan usaha ini adalah sbb. :
v Banyak diminati oleh anak-anak, remaja dan wanita dewasa;
v Delivery order, sehingga memudahkan konsumen untuk berbelanja; dan
v Usaha dibidang ini masih jarang, sehingga sangat menjanjikan.

IV.             Threats (Ancaman)
Adapun hal-hal yang menjadi ancaman sehingga menghambat kemajuan usaha ini adalah sbb. :
v Harga alat dan bahan produk tidak stabil, sehingga memungkinkan terjadinya ketidakstabilan harga produk.
v Kemungkinan banyaknya pesaing baru yang mendirikan produk sejenis; dan
v Tempat yang kurang strategis.







C.                ANALISIS KELAYAKAN USAHA

I.                   Kelayakan Teknis
Untuk kelayakan teknis dalam usaha ini, dilaksanakan dengan pembuatan produk yang selalu kreatif dan inovatif. Setiap harinya selalu ada model dan kreasi baru, sehingga konsumen tidak bosan. Selain itu, perusahaan menerima konsep atau rancangan yang konsumen inginkan dan melayani pelanggan yang meminta pesan antar.

II.                Kelayakan Ekonomi
  • Usaha ini sepenuhnya milik perintis sendiri, untuk keuntungan yang diperoleh dapat dilihat dari beragam jenis produk, seperti: boneka, hiasan dinding, gantungan kunci, gantungan pintu, bros dan ragam jenis produk lainnya.


a.                       Pengeluaran:

·         Kain 50 meter @20.000                                 Rp.1.000.000,-
·         Tembakan Lem                                              Rp.   100.000,-
·         Benang                                                           Rp.     50.000,-
·         Jarum, Penitik & Gantungan                          Rp.   150.000,-
·         Lem lilin                                                         Rp.     50.000,-
·         Triplek                                                            Rp.   500.000,-
·         Lem cair                                                         Rp.   100.000,-
·         Manik-manik                                                  Rp.   100.000,-
·         Plastik & Kertas                                             Rp.     50.000,-
Rp. 2.100.000,-
Total pengeluaran dibulan pertama adalah Rp. 2.100.000,-
b.                       Penerimaan (harga x jumlah penjualan)
·           Gantungan kunci (2500x10)                         Rp.     25.000,-
·           Gantungan hp (3000x10)                              Rp.     30.000,-
·           Gantungan dinding (25000x5)                     Rp.   125.000,-
·           Boneka (50.000x2)                                       Rp.   100.000,-
·           Bross (2000x20)                                            Rp.    40.000,-
·           Hiasan dinding (20.000x6)                           Rp.   120.000,-
                                                                      Rp.   440.000,-
   Total penerimaan Rp. 440.000,- x 26 hari = Rp. 11.440.000,-


c.                        Biaya-biaya (per bulan)
·           Sewa gedung                                                Rp.1.000.000,-
·           Listrik                                                           Rp.   150.000,-
·           Transportasi                                                  Rp.   500.000.-
·           Gaji karyawan (3 orang)                               Rp.3.000.000,-
·           Lain-lain                                                       Rp.     50.000,-
Rp.4.700.000,-
Total biaya per bulan sejumlah Rp. 4.700.000,-

d.                       Keuntungan = penerimaan – (pengeluaran + biaya)
Keuntungan =  (Rp. 11.440.000,- – (Rp. 2.100.000,- + Rp. 4.700.000,-))

                     = Rp. 4.640.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar